Selasa, 01 Desember 2009


Pada hakekatnya fungsi pendidikan adalah untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia. (Undang–Undang Nomor 20 Tahun 2003). Siswa sebagai subjek belajar, memiliki potensi dan karakteristik unik, sangat menentukan keberhasilan pendidikan. Kemampuan dan kesungguhan siswa merespon pengetahuan, nilai dan ketrampilan mempunyai andil yang besar dalam keberhasilan belajar. Keberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh banyak hal yang sangat kompleks, yaitu siswa, sekolah, keluarga dan lingkungan masyarakat. Untuk menghasilkan siswa yang berkualitas dan berprestasi, perlu adanya optimalisasi seluruh unsur tersebut.

Tugas guru membantu siswa mencapai tujuannya, maksudnya guru lebih banyak berurusan dengan strategi daripada memberi informasi, tetapi justru siswa yang aktif mencari informasi. Tugas guru mengelola kelas sebagai sebuah tim yang bekerja bersama untuk menemukan sesuatu yang baru bagi anggota kelas (siswa). Guru juga dapat mengembangkan iklim komunikasi di kelas selama pembelajaran berlangsung. Iklim komunikasi yang dimaksud adalah adanya umpan balik interaktif antara guru dan peserta didik. Dengan demikian, siswa akan mampu memberikan respon balik terhadap materi pembelajaran secara aktif, tidak harus menunggu informasi dari guru. 

2 komentar:

  1. Dik belajar yang pintar. Selidiki sejarah sekolahmu, sebelum kamu membanggakan diri atau nulis yang gak karuan ujung pangkalnya.
    Prestasi setinggi apa kalu benih yang ditanam Pakde/ Algar/Abi / Sukirman adalah hasil pekerjaan kotor, maka pasti akan terbongkar juga. makin banyak prestasi yang diraih makin orang penasaran: SIAPA OTAK PELAKU PEMILIK AL YAKLU ini.
    www.alyaluoutlookschool.blogspot.com

    BalasHapus
  2. @maulana: maksudnya apa kau ini, orang nulis apa, komen nya apa... anda belajar dulu memahami isi dari bacaan

    BalasHapus